Search

Cara Mengatasi Tumbuhnya Jamur pada Permukaan Marmer

Updated: Dec 1, 2021



Keindahan marmer bisa hilang akibat jamur yang tumbuh pada permukaan marmer. Keberadaan jamur bukan hanya membuat warna menjadi kusam, tapi jika dibiarkan terus menerus, marmer akan berkarat dan mengubah tampilan marmer keseluruhan. Sebelum jamur berkembang biak, lakukan cara pencegahan agar barang mewah ini tetap terjaga keindahannya.


Penyebab jamur pada marmer


Jamur dapat tumbuh dengan cepat pada area yang lembab. Begitu juga dengan marmer, jika permukaannya lembab dapat menjadi habitat ideal bagi koloni jamur. Kelembaban marmer biasanya terjadi karena kebocoran saluran air yang menimbulkan genangan air pada permukaan marmer. Jamur akan tumbuh pada permukaan marmer yang sering basah dan jarang dibersihkan.


Mikroorganisme ini cenderung menyukai marmer yang kaya akan kandungan kalsit yang banyak digunakan dalam desain interior maupun eksterior. Tanda-tanda keberadaan jamur pada marmer terlihat pada warna yang berubah kusam, muncul bercak putih atau flek pada permukaan marmer. Saat jamur menyebar melalui pori-pori marmer, noda karat pun muncul. Kondisi terburuknya, karat ini akan menghilangkan material asli batu marmer.


Cara mengatasi jamur pada marmer


Untuk menghilangkan jamur pada marmer, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjadikan permukaan marmer selalu kering. Pastikan tidak ada kebocoran saluran air yang membuat air sering membasahi permukaan marmer. Pencegahan merupakan cara paling efektif untuk mengatasi tumbuhnya jamur pada marmer.


Yang kedua, jika marmer sudah terlanjur terkena jamur segera lakukan pembersihan dengan produk khusus perawatan marmer. Hindari menggunakan produk pembersih marmer yang mengandung hipoklorit karena dapat memudarkan warna marmer dan membuatnya kusam.


Untuk perawatan marmer, Anda bisa menggunakan paket produk perawatan khusus marmer dari Hellenoz. Produk Italia ini terdiri dari Hellenoz Stone Coating yang melindungi permukaan marmer agar air tidak mudah masuk ke pori-pori batu marmer, Hellenoz Daily Cleaner untuk membersihkan marmer sehari-hari serta Hellenoz Surface Disinfectant untuk membunuh kuman, bakteri atau virus di permukaan marmer.


Produk perawatan dari Hellenoz diformulasikan khusus bagi semua jenis batu alam sehingga tidak akan membuat warna kusam, gores atau terkikis dalam jangka panjang. Penggunaan produk ini sudah terbukti kualitasnya lewat pengujian di laboratorium khusus batu alam. Anda bisa mendapatkannya di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee atau order sekarang melalui WhatsApp di 0813 5000 4556.


Langkah ketiga, pada kasus kerusakan yang parah, marmer harus melalui proses renovasi agar kilap dan coraknya kembali muncul. Untuk renovasi marmer, Anda harus menggunakan jasa profesional dengan biaya yang lumayan. Jadi sebelum terlambat, lakukan perawatan marmer sebaik mungkin untuk mencegah tumbuhnya jamur!

0 comments