Search

Catat 6 Hal Penting Ini Sebelum Pasang Lantai Marmer!



Jika menginginkan tampilan lantai rumah yang mewah dan elegan, lantai marmer bisa menjadi pilihan utama. Keunggulan utamanya adalah motif dan warna lantai marmer yang bersifat timeless serta durasi pakai yang sangat lama. Alhasil, pemilik rumah tak perlu gonta-ganti pelapis lantai demi mengikuti tren lantai terbaru.


Dari segi kekuatan lantai marmer sudah teruji. Hal ini bisa dilihat dari bangunan-bangunan bersejarah di seluruh dunia yang menggunakan material marmer. Meskipun usianya sudah mencapai ratusan tahun, keindahan lantai marmer masih dapat dinikmati hingga sekarang.


Soal kekuatan batu marmer tak perlu diragukan lagi. Asalkan mendapatkan perawatan secara rutin, lantai marmer mampu akan tetap mempesona dan tahan lama. Agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang seluk beluk lantai marmer, simak ulasan berikut ini.


Marmer dapat menyejukkan suhu ruangan


Marmer merupakan batuan yang terbentuk dari batu kapur atau gamping yang telah melalui proses metamorfosis selama ribuan tahun. Marmer memiliki struktur yang kompak dengan tekstur yang agak kasar.


Ketika dijadikan sebagai material lantai, marmer akan memberikan efek menyejukkan. Jika kita merabanya dengan tangan, permukaan marmer akan terasa dingin. Di sebuah ruangan, marmer dapat berfungsi untuk menetralkan suhu ruangan agar tidak terlalu panas.


Ukuran lantai marmer bervariasi


Jika kita membeli keramik, penjual akan menawarkan berbagai jenis ukuran yang seragam misalnya 40 x 40 cm, 60 x 60 cm, 60 x 120 cm dan lain-lain. Dengan ukuran yang sama, pemasangan lantai keramik bisa lebih mudah dilakukan.


Sebaliknya jarang sekali ada penjual marmer menjual dengan ukuran yang seragam seperti halnya keramik. Marmer rata-rata dijual dalam bentuk lembaran atau slab. Setiap lembar marmer bisa memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Umumnya slab berbentuk persegi panjang, tapi tidak selalu persegi panjang tuh.


Standar ketebalan marmer untuk hunian sebesar 2 cm. Sedangkan ukuran luasnya bervariasi, salah satunya yang banyak ditemui di pasaran ukuran 150 cm x 260 cm. Dengan ukuran dan bentuk yang tidak seragam, teknik pemasangan marmer tidak semudah pemasangan keramik.


Pilihan corak dan warna yang variatif


Ada ratusan corak dan warna marmer yang tersedia di pasaran. Marmer tersebut berasal dari seluruh dunia. Beberapa warna marmer paling populer di antaranya adalah putih, hitam, merah, kuning, cokelat, abu-abu dan pink. Marna marmer biasanya kombinasi dengan warna lain hingga membentuk corak yang unik.


Baca juga: Tips Memilih Warna Marmer yang Tepat untuk Hunian


Keindahan corak dan warna marmer tak bisa disandingkan dengan pelapis lantai buatan seperti keramik dan granite tile. Marmer alam tak bisa diproduksi massal atau diproduksi ulang sehingga setiap lembar marmer akan menjadi ekslusif. Berbeda dengan pelapis lantai buatan yang tren dan desainnya cepat berubah layaknya fesyen. Sedangkan motif dan warna marmer tak lekang oleh waktu.


Jenis finishing lantai marmer yang tepat


Lantai marmer tak selalu harus mengkilat atau polished. Pada ruangan kering, jenis finishing polished bisa diaplikasikan. Tapi untuk ruangan basah seperti kamar mandi, lantai marmer yang glossy akan menjadi licin jika terkena air dan bisa membuat orang terpeleset. Demi keamanan, gunakan jenis finishing honed atau doff yang agak kasar namun masih terlihat kilaunya.


Penggunaan dua jenis finishing marmer tersebut sama-sama memperlihatkan kemewahan. Jadi tidak perlu takut marmer tidak akan terlihat mewah jika tidak menggunakan finishing polished. Sesuaikan jenis finishing marmer dengan preferensi serta keamanan seluruh anggota keluarga.


Jenis lantai marmer yang populer


Marmer yang beredar di pasaran berasal dari berbagai negara di dunia. Masing-masing tambang akan menghasilkan jenis marmer yang berbeda. Bahkan dalam satu tambang marmer bisa terdapat beberapa jenis marmer sekaligus.


Baca juga: Ide Penggunaan Batu Onyx untuk Mempercantik Hunian


Beberapa jenis marmer yang populer digunakan untuk pelapis lantai di antaranya adalah Statuario, Carrara, Calacatta, Breccia, Emperador, Crema Marfil dan lain-lain. Pilihlah lantai marmer sesuai dengan konsep interior yang diinginkan.


Tempat beli marmer impor murah di Jakarta


Untuk menciptakan lantai marmer sesuai desain yang diinginkan, kita membutuhkan marmer berkualitas dengan pilihan jenis, corak dan warna yang beragam. Di sisi lain, budget pembuatan lantai marmer juga harus dibatasi. Untuk itu, diperlukan supplier marmer berkualitas dengan harga yang bersaing.


Baca juga: Tips Menggunakan Marmer dengan Budget Terbatas


Hellenoz Stone Gallery bisa menjadi tujuan belanja marmer impor murah di area Jakarta dan sekitarnya. Supplier marmer ini menyediakan ratusan jenis, warna dan motif marmer impor dengan harga mulai dari Rp 300.000 per meter persegi. Dapatkan informasinya secara lengkap dengan menghubungi nomor WhatsApp 0813-5000-4556.


Anda juga bisa datang langsung ke showroom Hellenoz yang berada di jantung kota Jakarta Utara yakni Jl. Agung Karya V Blok A No. 11 A & C, Sunter. Bagi yang tinggal di Jakarta Selatan, Anda bisa datang ke gerai Hellenoz di Jl. Panglima Polim Raya No. 78 A, Kebayoran Baru. Segera wujudkan impian lantai marmer impian Anda!

0 comments