Search

Jangan Terkecoh! Kenali Perbedaan Granite Tile dengan Marmer dan Granit



Jika dilihat secara sekilas dari motif luarnya, granite tile mirip dengan batu marmer dan granit. Pelapis hunian buatan manusia ini memang banyak meniru motif marmer dan granit alam. Tapi soal kualitas, kekuatan dan keindahannya tentu berbeda jauh. Kenali perbedaannya agar kamu bisa memilih material bangunan yang tepat.


Berikut ini perbedaan mendasar dari granite tile, marmer dan granit:


Proses pembuatan


Granite tile terbuat dari bahan baku tanah liat, pasir silika, stain (pewarna) dan feldspar. Pembuatannya melalui proses pembakaran di suhu 1.230 derajat Celsius. Setelah pembakaran, material tersebut akan melalui proses tekanan dengan kekuatan 7.200 PH.


Di pasaran, granite tile juga dengan nama homogenous tile karena warna, motif dan kekuatan dari lapisan atas sampai lapisan bawah mempunyai kualitas material yang sama atau homogen.


Batu granit terbentuk dari magma yang mendingin dan mengkristal secara alami. Kandungan dalam batuan beku ini sebagian besar terdiri dari kuarsa, feldspar, mikas dan amfibol. Campuran mineral tersebut membuat menciptakan banyak variasi warna dan tekstur.


Baca juga: Catat 6 Hal Penting Ini Sebelum Pasang Lantai Marmer!


Sedangkan marmer, merupakan batuan metamorf dari batu kapur atau gamping. Kandungan dalam batu marmer mayoritas kalsit dengan kandungan mineral minor lainya seperti kuarsa, mika, klhorit, tremolit, graphit, hematit dan limonit.


Corak dan warna


Soal corak dan warna, batu marmer dan granit memiliki corak warna yang alami. Ada ribuan corak dan warna marmer dan granit yang bisa kita temui. Karena terbentuk secara alami dari proses selama ratusan bahkan ribuan tahun, corak dan warna batu alam ini sangat eksotis. Corak dan warna marmer juga bersifat eksklusif karena tidak ada batu yang memiliki corak dan warna sama persis dengan yang lain.


Sedangkan granite tile merupakan material buatan manusia sehingga bisa dibuat dengan corak dan warna sesuai tren. Corak dan warna granite tile juga banyak meniru batu marmer dan granit. Motif dan warna granite tile yang sama biasanya dibuat dalam jumlah yang sangat banyak sehingga sifatnya tidak eksklusif.


Kekuatan


Batu alam seperti granit dan marmer jauh lebih kuat dibandingkan dengan granite tile. Batu granit memiliki tingkat kekerasan 7 skala Mohs dan marmer memiliki tingkat kekerasan 3 skala Mohs. Dengan tingkat kekerasan tersebut, granit dan marmer bisa bertahan hingga ribuan tahun. Hal ini telah dibuktikan dari bangunan-bangunan bersejarah di seluruh dunia yang menggunakan batu marmer dan granit yang masih bertahan hingga saat ini.


Di pasaran, marmer dan granit biasanya dijual dengan standar ketebalan 2 cm sehingga sangat kokoh. Sedangkan kekuatan granite tile biasanya hanya dibuat dengan ketebalan 1 cm. Kekuatan granite tile juga berbeda-beda tergantung dari produsen dan mereknya.


Baca juga: Tips Menggunakan Marmer dengan Budget Terbatas


Harga


Granite tile yang diproduksi massal bisa menawarkan harga yang lebih murah ketimbang material alami seperti marmer dan granit. Granite tile juga bisa ditemukan dengan mudah di toko dan swalayan bahan bangunan. Penjual granite tile membaderol harga yang relatif sama untuk motif, warna dan ukuran yang sama.


Baca juga: Kuat dan Tahan Cuaca, Batu Granit Cocok untuk Pelapis Area Outdoor


Sementara batu marmer dan granit sangat jarang dijumpai di toko dan swalayan bahan bangunan. Marmer dan granit hanya dijual oleh toko, distributor atau supplier khusus batu alam. Ketersediaan marmer dan granit juga tidak sebanyak granit tile. Harganya juga berbeda-beda tergantung jenis, motif dan warna.


Supplier marmer dan granit di Jakarta


Dari ulasan di atas, marmer dan granit jauh lebih unggul dibandingkan dengan granit tile. Jika kamu berniat mengaplikasikan marmer dan granit di hunian yang sedang dibangun sebaiknya pilih supplier marmer dan granit terpercaya. Hellenoz Stone Gallery bisa menjadi pilihan yang tepat.


Hellenoz memberikan harga yang kompetitif dibandingkan dengan para pesaingnya. Tanpa mengurangi kualitas produk dan layanan, Hellenoz berani memberikan harga marmer dan granit yang relatif murah. Sebagai contoh, saat ini telah tersedia marmer impor dengan harga Rp 300.000 per meter persegi.


Dengan harga yang terjangkau serta lokasi toko yang berada di pusat kota menjadikan Hellenoz sebagai tujuan utama para pemilik properti gedung dan hunian yang tengah melakukan pengadaan marmer dan granit untuk proyek mereka.


Untuk berkonsultasi dengan staf marketing Hellenoz, Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp 0813-5000-4556.

0 comments