Search

Marmer Putih Mudah Ternoda dan Sulit Dibersihkan, Benarkah?



Marmer berwarna putih memang eksotis, namun masih ada orang yang takut menggunakan marmer putih karena menganggap marmer putih mudah terkena noda dan sulit untuk dibersihkan. Apakah anggapan tersebut benar atau hanya sekedar mitos?


Marmer warna putih memang sangat populer karena mudah dikombinasikan dengan material warna lainnya dalam sebuah desain yang utuh. Namun dengan warnanya yang putih, banyak yang menganggap bahwa marmer putih lebih gampang kotor dan ternoda sehingga tidak cocok untuk aplikasi pada meja dapur atau countertop. Sebaliknya marmer dengan warna selain putih dinilai lebih tahan terhadap noda dan mudah dibersihkan.


Dikutip dari www.architecturaldigest.com, Jason Cherrington, pendiri dan direktur pelaksana Lapicida yang berbasis di London mengatakan noda acid atau bahan yang mengandung asam pada marmer dapat meninggalkan bekas keputihan. Noda tersebut justru akan lebih terlihat pada marmer berwarna selain putih.


“Kami memberikan peringatan pada penggunaan marmer gelap atau marmer non putih yang digunakan untuk meja dapur. Tetapi itu adalah pilihan pribadi,” kata Jason Cherrington.


Baca juga: Ide Penggunaan Batu Onyx untuk Mempercantik Hunian


Dengan demikian, anggapan bahwa marmer putih lebih gampang ternoda terbantahkan atau hanya mitos semata. Untuk penggunaan di meja dapur, justru marmer putih yang paling direkomendasikan karena noda asam yang meninggalkan bekas keputihan tidak mudah terlihat pada marmer putih. Apalagi marmer putih jenis Calacatta dan Statuario dari Italia memiliki kualitas batu yang sangat baik sehingga tidak gampang terkena noda.


Zat acid yang dapat merusak warna marmer


Pada dasarnya marmer merupakan material yang mudah dibersihkan. Namun kita juga harus mengenali zat-zat yang dapat merusak marmer. Salah satunya yang mudah merusak marmer adalah bahan makanan yang mengandung zat asam (acid) yang tinggi. Bahan-bahan makanan yang mengandung acid tinggi di antaranya adalah cuka, minuman bersoda, yogurt dan lain-lain.


Marmer yang terkena noda acid dalam jangka waktu cukup lama dapat memudar warnanya atau kehilangan kilap. Untuk itu, jika marmer putih terkena acid harus cepat dibersihkan sebelum noda masuk ke pori-pori batu.


Baca juga: Wajib Baca Sebelum Pasang Countertop Dapur dari Batu Granit


Gunakan lapisan pelindung atau coating


Penggunaan marmer putih pada lantai, dinding atau meja akan terlihat lebih indah dengan finishing yang sesuai seperti glossy, doff atau leather yang memperlihatkan tekstur batu. Selain itu, agar marmer tidak mudah ternoda dan kilapnya memudar, marmer putih perlu mendapatkan lapisan pelindung atau coating.


Penggunaan coating dengan bahan kimia khusus marmer dapat melindungi batu sehingga air atau bahan mengandung asam yang tumpah di atas permukaan marmer tidak mudah terserap dan masuk ke pori-pori marmer. Penggunaan coating juga dapat melindungi permukaan marmer agar tidak mudah tergores atau terkikis.


Agar marmer putih selalu mengkilap diperlukan coating secara berkala. Untuk aplikasi coating pada area yang luas, Anda membutuhkan jasa perusahaan batu alam profesional seperti Hellenoz Stone Gallery. Namun untuk coating area yang tidak terlalu luas seperti meja makan, Anda dapat melakukannya sendiri dengan produk coating khusus marmer dan batu alam.


Produk coating marmer yang direkomendasikan adalah Hellenoz Stone Coating. Produk ini berfungsi melindungi permukaan marmer agar tidak hilang kilap, kusam, terkikis dan gampang ternoda. Dengan demikian, marmer tidak akan mudah rusak dan tahan lama.


Baca juga: Hellenoz Stone Coating Melindungi Marmer Agar Tetap Mengkilap dan Tidak Mudah Rusak

Hellenoz Stone Coating merupakan produk Italia yang sudah teruji mampu memberikan perlindungan pada marmer secara maksimal. Produk perawatan marmer ini sudah melewati uji laboratorium khusus batu alam.


Hasil uji laboratorium juga menunjukkan Hellenoz Stone Coating aman bagi semua jenis batu alam seperti marmer, granit, onyx, travertine, sandstone, quartzite dan lain-lain. Penggunaan dalam jangka panjang juga tidak menyebabkan marmer kusam, tergores atau terkikis. Yang pasti, Hellenoz Stone Coating tidak mengandung bahan-bahan berbahaya dapat merusak marmer sehingga produk ini aman untuk digunakan dalam jangka panjang.


Produk perawatan marmer Hellenoz telah tersedia di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Anda juga bisa order sekarang melalui WhatsApp di 0813 5000 4556. Ingat marmer adalah investasi jangka panjang yang harus dijaga. Jangan asal gunakan produk perawatan marmer. Pastikan untuk selalu menggunakan produk yang aman dan teruji.

0 comments