Membandingkan Penggunaan Marmer dan Quartzite untuk Interior Rumah

Updated: Nov 10, 2020

Selain marmer, batuan metamorf lain yang sering digunakan sebagai material dekoratif adalah kuarsit (quartzite). Kedua jenis batuan ini sama-sama menarik sehingga kerap dijadikan material untuk lantai, countertop, dinding dan lain-lain. Namun sejatinya ,armer dan quartzite memiliki karakteristik yang berbeda.


Ada fungsi tertentu di mana Anda lebih baik menggunakan marmer atau sebaiknya menggunakan kuarsit. Nah, dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai perbedaan antara marmer dan kuarsit serta penggunaannya.


Proses Terbentuknya Marmer dan Quartzite


Marmer merupakan batuan metamorf yang umumnya berwarna putih dengan corak berupa guratan-guratan berbagai warna. Batuan ini terbentuk melalui proses metamorfosis dari batu kapur yang terbentuk dalam jangka waktu yang sangat lama. Batu kapur mendapat tekanan dan panas yang tinggi di dalam bumi sehingga mengalami rekristalisasi dan perubahan berbagai kandungan mineralnya. Proses ini juga menghilangkan struktur asal batuan pembentuknya sehingga menjadi bentuk yang benar-benar baru dan indah.


Sementara itu, quartzite juga merupakan batuan metamorf, namun struktur alami pembentukan batuan ini adalah batu pasir atau sandstone. Batuan ini disebut quartzite atau kuarsit karena kaya akan kandungan mineral kuarsa atau quartz. Secara umum, kuarsit adalah sandstone yang telah mengalami penyatuan dan membentuk struktur yang lebih keras dan padat. Batuan ini umumnya memiliki warna putih hingga abu-abu, namun tidak jarang pula ditemukan warna lainnya seperti kuning, hijau, biru dan lainnya.


Baca juga: Inspirasi Penggunaan Marmer untuk Dapur Mewah


Baik marmer maupun quartzite adalah batuan metamorf non-foliasi, sehingga tidak terdapat bagian seperti lembaran-lembaran pada teksturnya. Warna yang timbul pada batuan ini juga sangat tergantung pada mineral yang membentuk atau dihasilkan selama prosesnya. Oleh karena itulah batuan di suatu tambang sangat berbeda dengan batuan di tambang lainnya. Hal ini menjadikan baik marmer maupun quartzite sangat unik dan menarik dari segi corak, warna dan variasi.


Kelebihan dan Kekurangan


Bicara soal kualitas batuannya, quartzite memiliki beberapa keunggulan seperti kekuatannya yang jauh mengungguli marmer. Batuan ini memiliki skor yang bahkan melampaui granit dalam skala mohs, yaitu 7, sementara marmer hanya sampai di skala 3. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap benda yang akan dibuat dengan menggunakan jenis batuan ini sebagai materialnya.


Selanjutnya, marmer dikenal dengan kerentanannya terhadap sifat asam, sehingga berpotensi untuk mengalami perubahan warna apabila terpapar terus menerus. Hal ini tidak berlaku pada kuarsit karena batuan tersebut memiliki keunggulan lainnya yaitu tahan asam. Quartzite tidak akan berbekas sekalipun terkena tumpahan cairan yang mengandung asam seperti sari lemon dan sebagainya.


Meski demikian, dari segi variasi dan corak atau keindahan secara umum, marmer dinilai jauh memiliki daya tarik dibandingkan kuarsit. Ada anggapan bahwa marmer memberikan kesan mewah serta menghadirkan tampilan yang berkelas, jauh mengungguli quartzite. Ditambah lagi beberapa jenis marmer sudah mulai jarang ditemui di pasaran yang membuatnya memiliki kesan lebih eksklusif ketika digunakan. Hal ini juga dibuktikan dengan mahalnya harga sebagian besar marmer jika dibandingkan sebagian besar variasi quartzite.

Penggunaan Marmer dan Quartzite


Baik marmer dan kuarsit sama-sama digunakan sebagai material dekoratif dalam sebuah bangunan. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana keduanya dapat digunakan sebagai material pembuatan lantai atau dinding. Banyak juga yang berpendapat bahwa penggunaan keduanya hanya sebatas selera yaitu preferensi pribadi pengguna terhadap warna dan corak. Meski demikian, perbedaan karakteristik kedua batuan ini tidak dapat diabaikan karena sebenarnya sangat mempengaruhi fungsinya.


Baca juga: Perhatikan Faktor Penting Ini Sebelum Memilih Marmer untuk Kamar Mandi


Misalnya, marmer memiliki keindahan yang berkelas sehingga merupakan material yang cocok untuk lantai jika Anda ingin menonjolkan kemewahan. Penggunaan marmer untuk lantai ini cocok dengan sifat-sifatnya sebagai batuan di mana memiliki struktur yang cukup padat untuk itu. Selain itu, marmer juga sangat tahan lama apabila digunakan untuk bagian interior karena umumnya bebas dari pengaruh cuaca dan cahaya dan sebagainya.


Sementara quartzite memiliki karakteristik yang lebih mirip dengan granit, di mana kualitas batuannya sangat tinggi. Kepadatan batuan ini sangat tinggi, tahan asam serta memiliki pori-pori yang tidak menyerap cairan. Oleh karena itu, quartzite sangat cocok untuk dijadikan material pembuatan countertop pada dapur, yang mana dapat bersentuhan langsung dengan proses pembuatan makanan. Dapur Anda tidak akan mudah ternodai oleh tumpahan bahan makanan atau zat asam seperti sari lemon, cuka dan lain-lain.


Baca juga: Berkenalan Lebih Dekat dengan Batu Alam Quartzite


Pilih Mana, Marmer atau Quartzite?


Seperti yang disampaikan sebelumnya, kedua jenis batuan ini sama-sama dijadikan material untuk memperindah bagian interior rumah. Marmer dan quartzite pun sebenarnya dapat menjadi substitusi satu sama lain dalam hal tertentu, misalnya dalam pembuatan lantai dan dinding bangunan. Hal ini akan sangat tergantung pada selera dan preferensi masing-masing Anda sebagai pengguna dan kesesuaian dengan konsep desain yang diterapkan.


Terlepas dari itu, Anda juga dapat memilih salah satu dari keduanya berdasarkan hal yang ingin Anda utamakan dari penggunaannya. Meskipun secara umum kedua batuan ini sama-sama kuat, tahan lama dan istimewa karena keindahannya. Jika Anda ingin menonjolkan keindahan untuk memberi kesan kemewahan, maka marmer adalah yang paling tepat untuk Anda gunakan. Sementara itu, Anda dapat memilih quartzite jika kualitas batuan adalah hal yang paling Anda utamakan dalam penggunaannya.


Anda juga dapat memadukan kedua jenis batuan ini dalam desain interior rumah Anda. Misalnya, penggunaan marmer pada lantai untuk konsep yang menonjolkan kemewahan, sementara untuk bagian countertop dapur dan kamar mandi, Anda dapat menggunakan kuarsit karena karakteristik batuannya jauh lebih unggul. Perpaduan keduanya tentunya juga akan menghadirkan keindahan tersendiri dan tentunya dapat menyatu satu sama lain dengan konsep dan penerapan yang tepat.


Temukan Beragam Pilihan Marmer dan Quartzite di Hellenoz


Untuk menciptakan interior rumah yang mewah, Anda perlu mendapatkan marmer dan quartzite impor terbaik. Soal harga tak perlu mahal, Anda bisa menemukan marmer dan quartzite impor dengan harga murah di Hellenoz Stone Gallery.


Kualitas marmer dan quartzite di Hellenoz tak perlu diragukan. Hellenoz sudah dipercaya oleh pelanggannya selama puluhan tahun. Jadi standar kualitas produk yang dijual juga sangat dijaga.


Baca juga: Hellenoz Luncurkan Surface Disinfectant Khusus Batu Alam


Yang pasti, Hellenoz menjual marmer,quartzite dan batu alam impor lainnya dengan harga murah. Bahkan Anda bisa menemukan marmer impor dengan harga hanya Rp 300 ribu per meter persegi. Murah banget kan? Selain marmer, Hellenoz juga menjual ratusan jenis batu alam seperti granit, onyx, travertine, basalt, limestone dan lain-lain.


Jangan ragu untuk datang ke showroom Hellenoz di Jl. Agung Karya V Blok A No. 11 A & C, Sunter - Jakarta Utara, 14340. Untuk informasi bisa menghubungi nomor telepon 021-651-0091 dan 0813-5000-4556.


Bagi yang tinggal di Jakarta Selatan, Anda bisa datang ke Hellenoz di Jl. Panglima Polim Raya No. 78 A, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan atau menghubunginomor telepon 021-722-5080.


Copyright © 2020 PT. Hellenoz. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Hellenoz

HELP

123-456-7890 
INFO@MY-DOMAIN.COM

CONTACT

Member of Fagetti

Newsletter

  • Black Instagram Icon
  • Black Facebook Icon
  • Black Pinterest Icon