Ragam Pilihan Batu Alam yang Cocok untuk Berbagai Fungsi Interior dan Eksterior

Sejak zaman dahulu, batu alam telah menjadi salah satu material yang memiliki peran penting dalam pembuatan bangunan. Selain karena kualitasnya sebagai material alami, penggunaan batu alam juga digemari karena keindahannya. Ada banyak jenis, corak dan warna batu alam yang tersedia. Agar tidak bingung, berikut adalah variasi penggunaan berbagai jenis batu alam untuk fungsi eksterior maupun interior bangunan.



Marmer untuk lantai


Penggunaan batu alam yang paling umum adalah sebagai material pembuatan material lantai. Pada dasarnya, lantai tidak membutuhkan penggunaan material dengan kualitas batuan yang sangat tinggi. Dalam aplikasinya, penggunaan material batu alam untuk alam ditekankan pada aspek estetika dan keindahan. Selain itu, marmer sendiri sebenarnya juga cukup kuat, namun mudah dibentuk sehingga akan lebih mudah dikreasikan penggunaannya.


Baca juga: Inspirasi Penggunaan Marmer untuk Dapur Mewah


Karakteristik marmer yang paling menonjol adalah keindahannya yang dinilai jauh lebih berharga jika dibandingkan dengan batuan alam lainnya. Apalagi beberapa variasi dari batuan ini sudah sangat langka dan jarang ditemui di pasaran. Selain untuk lantai, marmer juga sangat umum digunakan untuk dinding, terutama untuk gedung dan fasilitas publik lainnya di mana keindahan batuan ini dapat ditonjolkan.


Granit sebagai paving stone


Granit adalah batu alam dengan kualitas batuan yang tinggi dari segi ketahanan dan kekuatannya. Tidak cukup sampai di situ, granit juga memiliki keindahan yang membuat batuan ini termasuk salah satu yang dicari dan digemari, tetapi langka. Warna warni dan corak pada granit juga terbilang jauh lebih variatif jika dibandingkan dengan jenis batuan alam lainnya seperti marmer, misalnya.


Salah satu sifat granit yang menonjol adalah ketahannya, baik terhadap cuaca, panas, dan hal lainnya yang umumnya merusak batuan. Hal inilah yang menjadikan penggunaan granit menjadi sangat luas, baik untuk interior namun juga eksterior bangunan. Dalam dekorasi taman, granit dapat dijadikan pavers atau paving stone yang selain tahan cuaca juga menampilkan keindahan yang berkelas.


Onyx dinding dan bagian horizontal lainnya


Ketika nama onyx disebut, maka yang terbayang oleh sebagian besar orang adalah batu permata yang berwarna hitam. Sama dengan batu alam lainnya, onyx memiliki berbagai variasi warna seperti merah, oranye, hijau, bahkan coklat. Keistimewaan batu ini adalah sifatnya yang tembus cahaya sehingga sangat indah jika didesain dengan pencahayaan di belakangnya.


Umumnya, onyx digunakan sebagai hiasan yang diinstal bersama pencahayaan sehingga menghadirkan keindahan yang elegan. Anda mungkin menjumpai onyx dipasang pada satu sisi tembok saja, atau pada bagian horizontal tangga dan counter di dapur.


Baca juga: Hellenoz Luncurkan Surface Disinfectant Khusus Batu Alam


Quartzite untuk countertop dapur


Meskipun merupakan jenis batuan yang sama dengan marmer yaitu batuan metamorf, namun quartzite memiliki kualitas batuan yang sangat tinggi, seperti granit. Ketahanan batu ini sangat kuat, tidak menyerap cairan, serta tahan terhadap asam. Semua kualitas tersebut juga terdapat pada granit, sehingga keduanya sering dijadikan substitusi satu sama lain dalam banyak fungsi.


Salah satu fungsi yang cocok untuk quartzite adalah sebagai countertop pada dapur. Sebagaimana diketahui, dapur adalah tempat di mana aktivitas berkaitan pengolahan makanan dilakukan. Countertop dapur sendiri akan bersentuhan langsung dengan panas, terkena tumpahan cairan dan lainnya sehingga membutuhkan jenis batu yang kuat sebagai materialnya.


Sandstone untuk cladding


Cladding adalah seni arsitektur di mana dinding bangunan diberi lapisan luar yang selain untuk menambah ketahanannya, juga dapat menambah keindahan. Oleh karena itu, batu alam adalah material paling cocok untuk fungsi tersebut. Sebagai bagian dari eksterior, dibutuhkan batu alam yang memiliki ketahanan terhadap cuaca untuk dapat berfungsi dengan optimal dan tidak mudah rusak.


Sandstone atau batu pasir adalah salah satu jenis batu yang cocok untuk fungsi cladding karena sifatnya yang tahan lama dan tahan terhadap cuaca. Selain itu, batuan ini juga memiliki motif dan warna yang tidak terlalu mencolok sehingga cocok untuk dipadukan dengan berbagai gaya desain eksterior. Pengolahan batu ini juga tergolong tidak rumit sehingga dapat dengan mudah diaplikasikan.


Slate untuk lantai dan dinding kamar mandi


Anda harus memperhatikan dengan teliti jika ingin menggunakan batu alam pada ruangan kamar mandi, baik pada bagian yang basah maupun kering. Beberapa jenis batu alam mungkin akan mudah menjadi licin jika digunakan di dalam kamar mandi baik sebagai lantai maupun dinding. Anda harus memilih material yang tidak menyerap air dan anti licin untuk bagian yang kerap bersentuhan dengan air ini.


Batu alam yang dikenal tahan air salah satunya adalah slate yang cenderung digunakan sebagai material untuk kebutuhan eksterior seperti pembuatan atap. Namun, sifat tahan air tersebut juga membuat slate cocok untuk dijadikan material untuk interior seperti lantai ataupun dinding kamar mandi. Slate memiliki warna yang cenderung gelap, namun dapat memberikan kesan elegan dan mewah pada kamar mandi Anda.


Dinding travertine


Travertine merupakan batu alam yang unik dengan tingkat kekuatan yang setara dengan marmer. Bagian paling menarik dari batu ini adalah teksturnya yang berpori sehingga cukup berbeda dengan batuan alam jenis lainnya. Pengaplikasian travertine pada bangunan biasanya akan membutuhkan perlakuan khusus agar batuan unik ini menjadi lebih indah serta dapat bertahan lama.


Baca juga: Perhatikan Faktor Penting Ini Sebelum Memilih Marmer untuk Kamar Mandi


Batuan ini sering dijadikan sebagai material untuk dinding interior ruangan karena warnanya yang tidak mencolok. Selain itu, penggunaan travertine pada dinding juga meminimalisasi kemungkinan rusaknya batuan ini dari hal yang dapat merusak seperti goresan dan benturan. Meskipun juga dapat digunakan pada lantai, proses pengolahan batu ini akan menjadi lebih rumit dan membutuhkan perawatan khusus nantinya.


Supplier batu alam impor dengan harga murah


Dalam membangun hunian mewah, Anda perlu mendapatkan suplai batu alam dari penyedia terpercaya. Batu alam beragam jenis seperti marmer, onyx, travertine, slate, dan sandstone berkualitas bisa diperoleh dari berbagai negara. Anda bisa mendapatkannya dari supplier dan importir yang terpercaya. Anda juga harus menemukan supplier yang bisa memberikan produk batu alam impor berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing alias murah. Untu itu, Anda bisa datang ke Hellenoz Stone Gallery. Soal kualitas marmer tak perlu diragukan. Hellenoz merupakan anak usaha supplier marmer premium di Indonesia bernama PT Fajar Gelora Inti atau Fagetti. Jadi standar kualitas marmer yang dijual juga sangat dijaga. Yang pasti, Hellenoz menjual marmer impor dengan harga murah. Bahkan Anda bisa menemukan marmer impor dengan harga hanya Rp 300 ribu per meter persegi. Murah banget kan? Selain marmer, Hellenoz juga menjual ratusan jenis batu alam seperti granit, onyx, travertine, basalt, limestone dan lain-lain. Jangan ragu untuk datang ke showroom Hellenoz di Jl. Agung Karya V Blok A No. 11 A & C, Sunter - Jakarta Utara, 14340. Untuk informasi bisa menghubungi nomor telepon 021-651-0091 dan 0813-5000-4556. Bagi yang tinggal di Jakarta Selatan, Anda bisa datang ke Hellenoz di Jl. Panglima Polim Raya No. 78 A, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan atau menghubunginomor telepon 021-722-5080. Di Hellenoz, Mewah tak harus mahal!

Copyright © 2020 PT. Hellenoz. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Hellenoz

HELP

123-456-7890 
INFO@MY-DOMAIN.COM

CONTACT

Member of Fagetti

Newsletter

  • Black Instagram Icon
  • Black Facebook Icon
  • Black Pinterest Icon