Serba-serbi Granit Impor, dari Tambang Hingga ke Tangan Konsumen

Granit impor adalah salah satu jenis batu alam yang paling diingat oleh masyarakat. Batu alam ini sering digunakan untuk melapisi lantai, top table, meja kursi, bahkan dijadikan material bangunan. Batu granit terbaik sering kali tidak dapat ditemukan dari produk lokal, untuk itu kita perlu mendapatkannya dari granit impor. Agar efisien, temukanlah granit impor murah namun berkualitas tinggi.


Batu granit sendiri ada yang berasal dari tambang lokal, ada pula yang berupa granit impor. Apakah pernah terpikirkan oleh Anda, bagaimana serba-serbi granit impor dari proses penambangan hingga ke konsumen? Tidak ada salahnya untuk memahami proses tersebut sebagai konsumen. Baik untuk menambah wawasan atau pun semakin bijak saat memilih granit di kemudian hari.



Lokasi tambang granit di dunia


Tambang granit tersebar di berbagai negara. Lokasi yang lahannya paling besar terdapat di Mount Airy, Carolina Utara, Amerika Serikat. Luasnya mencapai 90 hektar dengan kedalaman 6.000 hingga 8.000 kaki. Saking besarnya, tambang ini dapat terlihat jelas lewat satelit luar angkasa milik NASA. Usia tambang di Mount Airy juga bisa dikatakan sebagai salah satu yang tertua lantaran sudah beroperasi sejak tahun 1889.

Granit dari Mount Airy diketahui menjadi material utama untuk membangun National World War II Memorial di Washington DC. Selain tambang di Mount Airy, Amerika Serikat juga memiliki sejumlah tambang granit di Oregon yang hasilnya digunakan untuk keperluan lanskap.


Selain Amerika Serikat, China juga memiliki tambang granit yang besar. Salah satunya adalah tambang di Kuiqi, dekat dengan Kuai’an, sebelah timur Fuzhou. Sedangkan di Brazil memiliki tambang granit yang tersebar. Produk granit yang paling terkenal dari tambang Brazil adalah Golden Persa, Verde Brasiliano, Blue Bahia, dan Van Gogh.


Selanjutnya, ada tambang granit milik India. Per tahun 2005, India menjadi negara kelima pengimpor granit terbanyak di dunia. Tambang granit di India tersebar di Madhya Pradesh, Odisha, Tamil Nadu, Karnataka, Jharkhand, Chhattisgarh, Rajasthan, Telanggana, dan Andhra Pradesh. Sedangkan produk granit yang terkenal dari India adalah Lava Jewel, Golden Fantasy, dan Juparana Colombo.


Granit impor yang masuk ke Indonesia banyak berasal dari berbagai negara seperti Italia, Amerika Serikat, Turki, Yunani, China, India dan lain-lain.


Cara menambang granit


Granit merupakan batuan beku. Posisinya berada di bawah tanah dan tertutup batuan lainnya. Untuk menambang batu granit, dibutuhkan alat peledak. Alat peledak ini diletakkan pada lubang-lubang dengan jarak yang sudah diperhitungkan. Bahan peledaknya sendiri ada yang menggunakan sumber kimia, nuklir, dan mekanik. Bahan peledak kimia dinilai lebih efisien karena hasil ledakannya lebih luas dan resiko bahayanya lebih rendah.


Baca juga: Aplikasi Top Table Granit untuk Dapur Mewah


Usai menemukan lokasi batu granit, para penambang akan memotong bebatuan tersebut. Hal ini untuk mempermudah mobilisasi batuan ke pabrik. Potongan batu granit akan dibiarkan dalam bentuk bongkahan atau pun slab.


Granit impor dikirim dalam bentuk bongkahan dan slab


Lantas seperti apa bentuk batu granit yang diimpor ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Sama seperti batu alam lainnya, granit impor dikirim dalam bentuk bongkahan atau blok dan slab.


Bongkahan biasanya berbentuk balok dengan ukuran besar. Bentuk bongkahan cocok untuk konsumen yang menginginkan granit sebagai material dekorasi atau bangunan. Pihak importir dan pabrik pun lebih mudah memotong sesuai desain dan ukuran yang diinginkan.


Sedangkan granit impor dalam bentuk slab itu berupa lembaran dengan ukuran beragam. Biasanya berkisar pada 40 cm x 90 cm hingga 280 cm x 340 cm. Ketebalannya beragam, mulai dari 1,8 cm hingga 3 cm. Granit impor berbentuk slab umum digunakan sebagai pelapis lantai atau top table.


Proses pemotongan kerap menyisakan granit dalam ukuran kecil. Sisa-sisa batuan tersebut dalam dimanfaatkan menjadi benda berukuran kecil juga. Misalnya untuk dekorasi atau campuran material bangunan.


Baca Juga: Tempat Beli Marmer dan Granit Terlengkap di Jakarta Utara


Aplikasi batu granit untuk bangunan


Keunggulan batu granit seperti tahan panas, mampu menahan bobot berat, dan sebagainya, menjadikannya cocok untuk hampir semua elemen bangunan. Di antaranya adalah


Countertop


Granit sangat sering dijadikan material top table. Baik itu top table di dapur atau pun kamar mandi. Tampilannya membuat ruangan jadi lebih mewah. Di samping itu, batu granit tidak mudah tergores atau pun lapuk saat terkena air.


Backsplash


Area backsplash di dapur yang dilapisi batu granit akan lebih awet. Pasalnya material ini tahan panas dan tidak mudah menyerap noda. Untuk backsplash, batu granit diberi finishing yang mengkilap supaya lebih mudah dilap saat terkena cipratan masakan.


Pelapis lantai


Banyak orang yang menggunakan granit untuk melapisi lantai karena tidak mudah tergores. Daya topangnya juga baik sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk meletakkan furnitur berat dan besar. Pilihan coraknya juga beragam dan dapat disesuaikan dengan konsep interior.



Tangga


Batu granit tidak mudah lapuk, rusak, dan terbelah. Oleh karenanya cocok untuk dijadikan material tangga. Seperti yang kita ketahui, tangga harus dibuat dengan kokoh agar tidak mencelakai penggunanya.


Pelapis eksterior


Granit cukup tahan banting terhadap segala kondisi cuaca. Penggunaan granit untuk melapisi dinding eksterior akan membuat bangunan Anda awet dan cantik dalam jangka waktu panjang.


Dinding kamar mandi


Penggunaan batu granit pada dinding kamar mandi adalah opsi yang bagus untuk menciptakan nuansa alami. Dengan finishing dan seal yang tepat, dinding granit tidak akan mudah menyerap air.


Baca juga: Wajib Baca Sebelum Pasang Countertop Dapur dari Batu Granit


Supplier granit impor murah di Jakarta


Dengan kekuatan dan daya tahannya yang lama, Anda dapat memanfaatkan granit untuk kebutuhan interior dan eksterior bangunan. Namun kebanyakan orang enggan menggunakan batu granit karena takut dengan harganya yang mahal. Padahal Anda bisa menemukan granit impor murah di Jakarta, tepatnya di Hellenoz Stone Gallery.


Hellenoz hadir dengan koleksi batu granit impor murah berkualitas tinggi yang jumlahnya ratusan jenis. Granit tersebut didatangkan dari dari berbagai negara di dunia. Dengan adanya Hellenoz, Anda bisa mewujudkan impian untuk membangun hunian berlapis granit impor yang mewah. Mewah tak harus mahal, tapi tetap harus berkualitas.

Lokasi Hellenoz juga sangat strategis dan mudah dijangkau. Anda bisa menemukan batu onyx terbaik dengan harga terjangkau di jantung kota Jakarta. Anda bisa datang ke showroom Hellenoz di Jl. Agung Karya V Blok A No. 11 A & C, Sunter - Jakarta Utara, 14340. Untuk informasi bisa menghubungi nomor telepon 021-651-0091 dan 0813-5000-4556.

Bagi yang tinggal di Jakarta Selatan, Anda bisa datang ke Hellenoz di Jl. Panglima Polim Raya No. 78 A, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan atau menghubunginomor telepon 021-722-5080.


Untuk berkonsultasi dengan staf marketing Hellenoz, Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp 0813-5000-4556.

3 views0 comments