Tips Memilih Warna Marmer yang Tepat untuk Hunian

Updated: 4 days ago

Pemilihan warna marmer memang krusial. Dengan harganya yang tidak murah, kita ingin mendapatkan marmer dengan warna terbaik untuk rumah idaman. Namun varian warna dan pola vein yang sangat banyak kerap membuat orang bingung menentukan pilihan. Untuk membantu Anda menjatuhkan pilihan warna marmer yang tepat, simak beberapa tips berikut ini.



Area atau ruang penggunaan marmer


Tips pertama dalam memilih warna marmer untuk hunian adalah area atau ruang tempat marmer tersebut dipergunakan. Penggunaan warna yang sama untuk satu area tertentu menjadi pilihan untuk menghasilkan tampilan yang senada. Untuk hasil yang lebih dramatis, pergunakan dua warna atau lebih yang kontras satu sama lain.


Prinsip dasar dalam penggunaan warna untuk area interior adalah penggunaan warna terang akan memberikan kesan terbuka dan membuat ruang terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya. Sementara itu, warna gelap akan menghasilkan atmosfer yang terasa hangat.

Sementara itu, untuk area eksterior, warna gelap akan memberi kesan elegan dan megah. Di sisi lain, warna terang akan menghasilkan tampilan yang lebih modern dan up to date. Tentukan tampilan umum seperti apa yang sesuai dengan rumah Anda dan biarkan keindahan warna marmer menciptakan hal tersebut.

Mempertimbangkan tone atau sifat warna marmer


Sebagian besar pemilik rumah memilih batu alam marmer dengan tone atau warna terang dengan alasan yang sama mengapa mereka memilih warna putih untuk dinding hunian. Warna ini menghadirkan kesan lapang dan luas yang akan sangat membantu utamanya dalam hunian yang berukuran mungil.


Di sisi lain, penggunaan marmer dalam warna gelap dapat dijadikan pilihan dalam hal menjadikannya sebagai focus of attention dalam ruangan. Penggunaan tone atau warna gelap ini juga dapat menjadi pilihan untuk ruangan yang berukuran besar. Namun, jangan sampai mengabaikan penerangan yang ada baik penerangan dari cahaya matahari maupun penerangan buatan untuk menghindari kesan suram dan berat.


Baca juga: Inspirasi Penggunaan Marmer untuk Dapur Mewah


Mempertimbangkan efek psikologis warna


Psikologi warna marmer

Tahukah Anda, warna yang berbeda akan memberikan efek psikologis yang berbeda pula? Pastikan untuk mempertimbangkan hal ini dalam memilih warna marmer untuk hunian. Secara umum, ada dua jenis warna berdasarkan hal ini yaitu:

  • Warna yang hangat dan memberi energi.

Warna marmer yang masuk dalam kategori ini contohnya adalah merah, kuning, dan orange. Sifatnya yang memberi energi dapat membantu seseorang untuk tetap fokus dan terjaga. Beberapa jenis ruangan seperti ruang kerja dan ruang belajar akan mendapatkan manfaat lebih dengan penggunaan warna tersebut.

  • Warna yang dingin dan menyejukkan

Warna marmer yang masuk dalam kategori ini contohnya adalah biru, hijau, dan ungu. Sifatnya yang dingin dan menyejukkan akan membantu seseorang untuk lebih rileks, sehingga tidak heran bila warna-warna tersebut cocok dipergunakan dalam ruangan seperti ruang keluarga dan ruang tidur.

Secara lebih rinci, efek psikologis dari setiap warna adalah sebagai berikut:

  • Merah. Warna ini selalu diasosiasikan dengan semangat, energy, kegembiraan, dan aksi atau tindakan.

  • Orange. Warna ini identik dengan kreativitas, petualangan, sukses, dan antusiasme yang besar.

  • Kuning. Warna kuning dikaitkan dengan warna matahari yang membangkitkan rasa bahagia, sifat positif, optimisme, dan semangat musim panas.

  • Pink. Warna ini identik dengan kaum wanita, khususnya untuk mereka yang masih gadis. Warna ini mencerminkan kegembiraan masa muda yang penuh semangat.

  • Hijau. Warna hijau identik dengan warna alam yang menyegarkan dan menyejukkan mata.

  • Biru. Warna biru selalu dikaitkan dengan warna langit dan lautan. Penggunaan warna ini mampu memberikan efek kedamaian, stabilitas, rileks, dan juga mampu menenangkan pikiran.

  • Ungu. Warna ungu merupakan warna para bangsawan yang dihubungkan dengan kebijaksanaan, kekuasaan, kemewahan, hingga spiritualitas.

  • Coklat. Warna ini mewakili warna tanah yang menghantarkan kehangatan dan rasa aman, serta stabilitas.

  • Abu-abu. Warna ini termasuk warna netral yang tahan lama, klasik, serta inteligen.

  • Putih. Warna putih merupakan salah satu warna universal yang paling populer dipergunakan dalam desain interior. Warna ini melambangkan kebersihan, kebaikan, serta membuat suasana terlihat lebih lapang dan luas.

  • Hitam. Warna ini merupakan warna yang penuh misteri, elegan, dan penuh kekuatan.

Kontras warna batu alam


Satu hal utama yang membedakan antara pemilihan warna marmer batu alam untuk hunian dengan sekedar pemilihan warna cat dinding adalah fakta bahwa batu alam seperti marmer umumnya tampil dengan warna yang tidak monoton, seperti hitam atau putih saja. Mayoritas batu alam marmer hadir dalam warna yang kontras. Hal ini membawa pesona organik tersendiri pada marmer dan membuatnya istimewa dibandingkan material lain.

Sebagian besar pengguna batu alam marmer memilih marmer dengan tingkat kontras sedang. Marmer dengan warna yang sangat kontras menghasilkan kesan yang sangat kuat dan cenderung sulit untuk dipadukan dengan warna lain dalam ruangan.


Secara umum, ada dua jenis kontras warna pada marmer yaitu warna monokromatik dan polikromatik. Monokromatik menunjukkan perbedaan warna atau gradasi dari satu warna misalnya kuning dan warna emas. Sementara itu, polikromatik menunjukkan perbedaan dari dua warna atau lebih yang sangat kontras satu sama lain, misalnya marmer berwarna abu-abu dengan corak merah, dan seterusnya. Batu alam marmer monokromatik cenderung lebih kalem sementara warna polikromatik lebih menonjol dan cocok untuk Anda yang menyukai tampilan penuh drama.


Baca juga: Inspirasi Penggunaan Marmer Putih untuk Kamar Mandi


Menyesuaikan warna ruangan dengan warna marmer


Ide untuk memilih warna marmer yang sesuai dengan tepat dengan warna ruangan terkadang menjadi penghalang bagi Anda dalam menemukan warna yang benar-benar tepat. Dalam hal ini, ada dua pilihan yang dapat diambil. Pilihan pertama adalah memilih marmer berwarna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu dengan corak warna yang sesuai dengan ruangan tersebut. Langkah ini merupakan langkah paling tepat untuk memastikan marmer tersebut terlihat serasi dengan tema ruangan.


Pilihan kedua adalah menyesuaikan warna ruangan dengan warna marmer. Dalam hal ini, Anda perlu berfokus dalam menemukan marmer dengan warna yang Anda sukai, terlepas dari fakta apakah warna tersebut cocok atau tidak dengan warna dinding atau lemari ruangan. Sebagai produk alam, marmer pada dasarnya cocok dipadukan dengan berbagai jenis material lainnya. Bila warna marmer yang Anda pilih terlihat sangat kontras dengan isi ruangan, maka hal tersebut justru akan menjadikannya sebagai focus of attention misalnya saja pada countertop, dinding aksen, dan lain sebagainya.


Varian marmer dalam aneka warna dengan harga murah


Ragam warna marmer untuk hunian sangat luas, dan Anda dapat menemukan ratusn jenis dan warna marmer import di Hellenoz Stone Gallery. Marmer dengan warna netral seperti hitam dan putih, atau dengan warna yang lebih mencolok misalnya saja hijau dengan semburat warna putih hingga warna merah tersedia di sini.


Baca juga: Pusat Marmer Import Murah di Jakarta: Ada Ratusan Jenis dan Warna


Pilihan marmer yang beragam dalam hal warna, pola vein atau serat serta asalnya bukanlah satu-satunya kelebihan Hellenoz. Di sini, semua marmer serta batu alam lain seperti granit dan travertine tersedia dengan harga murah. Cocok bagi Anda yang ingin mewujudkan impian berupa hunian dengan elegan dengan menggunakan marmer dengan cara yang super ekonomis, tanpa mengorbankan kualitas.


Anda bisa datang ke showroom Hellenoz di Jl. Agung Karya V Blok A No. 11 A & C, Sunter - Jakarta Utara, 14340. Untuk informasi bisa menghubungi nomor telepon 021-651-0091 dan 0813-5000-4556.

Bagi yang tinggal di Jakarta Selatan, Anda bisa datang ke Hellenoz di Jl. Panglima Polim Raya No. 78 A, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan atau menghubungi nomor telepon 021-722-5080.


Anda juga bisa berkonsultasi tentang marmer import murah dengan staf marketing Hellenoz, Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp 0813-5000-4556.

2 views0 comments