Search

Wajib Baca Sebelum Pasang Countertop Dapur dari Batu Granit

Bukan hanya cocok untuk melapisi lantai dan dinding rumah, batu granit yang berasal dari alam juga bisa dijadikan sebagai material countertop dapur yang indah. Selain menjadikan dapur lebih cantik, countertop granit juga lebih kuat dan tahan lama. Jika Anda tertarik membuat countertop granit, bekali diri dengan berbagai informasi seputar batu granit berikut ini:



Konsistensi pola vein


Pola urat atau vein berupa garis-garis dalam pola tidak teratur merupakan salah satu ciri batu granit. Pola inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama granit. Beberapa variasi atau jenis granit memiliki pola vein yang konsisten antara satu lembar atau slab granit dengan slab lainnya. Namun, pada beberapa variasi lain, setiap slab memiliki pola vein yang jauh berbeda satu sama lain, walaupun berasal dari bongkahan besar yang sama.


Pola vein granit sangat beragam. Anda dapat menemukan pola vein yang menyerupai hamparan pasir, bintik-bintik, putaran angin, dan berbagai pola lainnya. Kombinasi antara pola vein dan pilihan warna yang ada membuatnya dapat diaplikasikan pada berbagai jenis desain.


Konsistensi dari pola vein pada granit perlu dijadikan bahan pertimbangan bagi para pemilik hunian yang menghendaki sebuah countertop granit. Sangat dianjurkan untuk mereview granit yang akan dijadikan countertop dalam bentuk aslinya atau dalam bentuk slab, untuk memberikan gambaran nyata tentang tampilan akhir dari produk tersebut dalam dapur mereka. Hal ini sangat penting untuk menghindari hal-hal tidak terduga pada proses pemasangan nantinya.


Baca juga: Aneka Material Hunian Paling Awet, Batu Alam Salah Satunya


Slab granit dalam bentuk utuh bisa saja memiliki ketidaksempurnaan yang hadir dalam bentuk spot-spot yang terlihat dan terasa kasar atau berbentu pit (lubang-lubang kecil). Bentuk ketidaksempurnaan tersebut merupakan hal yang alami dan dapat disempurnakan dengan teknik polishing yang tepat.


Ukuran slab granit bervariasi


Granit dalam bentuk aslinya tersedia dalam bentuk blok dan slab dengan ukuran yang bervariasi. Lebar slab granit misalnya antara 290-350 cm dan tinggi antara 130-200 cm. Perbedaan ukuran ini sangat bermanfaat terutama bagi pemilik hunian yang menginginkan countertop granit dalam ukuran yang lebih luas dari biasa.


Dalam situasi di mana pembuatan countertop granit membutuhkan penggabungan antara dua slab atau lebih, maka Anda tidak perlu khawatir. Pemilihan warna dan pola vein yang tepat akan sangat membantu dalam membuat sambungan atau seam tadi hampir tidak terlihat dan memberi kesan seakan-akan seluruh bagian countertop tersebut berasal dari satu slab saja. Namun risikonya, ada cukup banyak waste atau batu granit yang tak terpakai karena hanya diambil yang memiliki pola yang sesuai.


Warna Granit


Granit tersedia dalam berbagai varian warna dan pola vein. Countertop granit dengan warna yang menarik akan menambah daya tarik dari dapur itu sendiri. Tidak hanya itu, varian warna yang tersedia membuat granit dapat dipergunakan dalam berbagai jenis gaya desain interior mulai dari gaya minimalis, modern, hingga gaya traditional Victorian. Berbagai pilihan warna dan varian granit yang tersedia di Hellenoz dapat menjadi pilihan countertop granit yang tepat untuk rumah Anda, dengan harga yang lebih terjangkau.


Scratch resistant


Dalam skala Mohs, granit berada pada level tertinggi di bawah berlian. Artinya, granit merupakan bahan alam yang tahan gores. Hal ini tentu saja membuatnya sangat cocok dipergunakan sebagai countertop di mana berbagai aktivitas terjadi setiap harinya. Para pemilik countertop granit tidak perlu khawatir akan munculnya goresan di permukaan granit. Jenis material yang dapat membuat goresan di batu granit hanyalah batu granit lainnya ataupun potongan berlian.


Baca juga: Rekomendasi Meja Dapur Granit Murah dan Berkualitas di Hellenoz


Heat resistant


Granit dengan karakteristik heat resistant atau tahan panas membuatnya sangat ideal sebagai countertop. Material alam ini dapat diletakan dekat dengan kompor ataupun cooktop. Anda dapat meletakan panci panas secara langsung di atas countertop granit tanpa masalah apapun. Faktanya, granit dapat menahan panas hingga 12000 F atau sekitar 6490 C.


Stain resistant


Dibandingkan dengan batu alam lainnya, granit merupakan batu alam yang terbilang lebih tahan noda. Daya tahan granit terhadap noda dari cairan yang bersifat asam seperti jeruk, asam cuka, dan berbagai jenis produk pembersih terbilang sangat tinggi. Hal ini tidak berarti bahwa granit tidak benar-benar anti noda, namun dapat dikatakan bahwa granit merupakan batu alam terbaik dalam golongan ini. Kemampuan dan daya tahan granit akan meningkat drastis dengan pemberian aplikasi coating pada permukaannya.


Harga granit


Dari segi harga, batu alam granit terbilang tinggi terutama bila dibandingkan dengan batu alam lain. Namun dari segi ketahanan, granit dapat bertahan hingga puluhan tahun bahkan dapat diwariskan kepada anak cucu. Dari sisi ini, terlihat bahwa investasi awal yang dipergunakan untuk membeli countertop granit tidaklah sia-sia. Harga granit juga sangat tergantung pada jenis atau varian granit itu sendiri serta supplier atau tempat pembeliannya.


Untuk pembelian batu alam seperti marmer dan granit dengan harga yang lebih terjangkau, Hellenoz menjadi pilihan yang tepat. Namun hal paling penting dari Hellenoz bukanlah harga yang terjangkau, melainkan kualitas batu alamnya yang tidak perlu diragukan lagi.


Baca juga: Ragam Pilihan Batu Alam yang Cocok untuk Berbagai Fungsi Interior dan Eksterior


Cara merawat dan membersihkan granit


Dari segi perawatan, batu alam ini tidak membutuhkan banyak hal. Proses perawatan yang terbilang cukup mudah menjadi salah satu keunggulannya. Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam proses perawatan countertop granit adalah pemberian coating atau lapisan pelindung. Lapisan pelindung ini akan memberikan perlindungan tambahan terutama terhadap noda. Noda yang tumpah dan mengenai permukaan countertop akan tertahan oleh lapisan ini sehingga tidak memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam pori-pori granit dan juga membuatnya lebih mudah dibersihkan. Aplikasi coating itu sendiri perlu dilakukan secara berkala minimal satu tahun sekali tergantung pada kualitas dan jenis coating yang dipergunakan.


Untuk membersihkan noda dan kotoran pada permukaan countertop granit, Anda cukup menggunakan kain, air, dan sabun lembut. Hindari penggunaan pemutih, asam cuka, dan bahan pembersih lain yang mengandung asam untuk membersihkan permukaan granit. Secara umum, granit memiliki sifat tahan terhadap noda dari cairan asam tersebut. Namun, penggunaan bahan asam untuk membersihkan permukaan countertop akan melemahkan kekuatan dari lapisan pelindung tadi dan membuat Anda harus lebih sering mengaplikasikan coating tersebut.


Baca juga: Kini Merawat Marmer Lebih Gampang dengan Produk Perawatan Marmer dari Italia


Untuk cara yang lebih mudah dalam hal perawatan dan membersihkan granit, Anda juga dapat menggunakan produk khusus yang ditujukan untuk hal tersebut. Beberapa produk seperti Hellenoz stone coating, Hellenoz daily cleaner, dan Hellenoz surface disinfectant. Produk Hellenoz ini merupakan salah satu dari sekian banyak produk Hellenoz.


Di Hellenoz, Anda akan menemukan ragam jenis batu alam berkualitas seperti granit, marmer, onyx dan travertine dengan harga murah. Kehadiran Hellenoz menjadi jawaban bagi Anda yang memimpikan hunian mewah dan elegan dengan sentuhan batu alam dengan budget yang ramah di kantong. Anda juga menghubungi Hellenoz melalui WhatsApp di 0813 5000 4556.

0 comments