Search

Waspada! Ini 5 Penyebab Warna Marmer dan Granit Berubah Jadi Kuning atau Coklat

Updated: Jul 29, 2021



Keindahan batu marmer dan granit terutama terletak pada corak dan warnanya yang alami. Asal mendapatkan perawatan yang benar, warna asli marmer dan granit akan terjaga. Tapi jika salah perawatan, keindahan warnanya dapat berubah. Agar marmer tetap berkilau indah, waspadai faktor-faktor yang dapat menyebabkan warna marmer dan granit berubah.


Berikut ini lima penyebab marmer dan granit berubah warna:


1. Terkena air dalam jangka waktu lama


Warna marmer dan granit dapat berubah menjadi kuning atau coklat jika terkena air secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bisa terjadi setelah marmer terkena banjir. Kandungan besi dalam batu teroksidasi dan menyebabkannya berkarat setelah air meresap ke dalam pori-pori batu marmer atau granit. Besi merupakan mineral alami yang dapat ditemukan di semua jenis batu termasuk marmer dan granit.


Baca juga: Marmer Putih Mudah Ternoda dan Sulit Dibersihkan, Benarkah?


2. Reaksi acid (asam)


Salah satunya yang mudah merusak marmer dan granit adalah bahan makanan yang mengandung zat asam (acid) yang tinggi. Bahan-bahan makanan yang mengandung acid tinggi di antaranya adalah cuka, minuman bersoda, yogurt dan lain-lain. Marmer yang terkena noda acid dalam jangka waktu cukup lama dapat memudar warnanya atau kehilangan kilap pada polesannya.


3. Endapan lapisan lilin


Banyak lantai marmer dan granit dilapisi dengan lilin, akrilik atau pelapis lainnya. Sebagian besar pelapis ini tidak dirancang khusus untuk digunakan pada lantai marmer. Beberapa dari pelapis ini berkualitas buruk sehingga warnanya akan cepat menguning. Tidak jarang pelapisan dilakukan lebih dari sekali tapi berkali-kali. Akibatnya lapisan menumpuk dan menjadi lunak sehingga kotoran mudah menempel. Jika demikian lapisan pelindung marmer tersebut dapat berubah warna dengan cepat. Alhasil marmer dan granit akan kehilangan keindahan dan kilapnya yang alami.


Baca juga: Tips Memilih Warna Marmer yang Tepat untuk Hunian


4. Menggunakan pembersih yang mengandung hipoklorit


Perubahan warna marmer dan granit juga dapat terjadi karena penggunaan obat pembersih marmer yang salah. Seringkali orang membersihkan lantai marmer dan granit dengan obat pembersih lantai yang banyak beredar di pasaran. Padahal obat pembersih tersebut mengandung bahan yang berpotensi merusak permukaan batu alam seperti hipoklorit. Penggunaan obat pembersih tersebut dapat membuat permukaan marmer dan granit terkikis, pudar atau berubah warna.


5. Perawatan yang salah


Perawatan yang salah pada lantai marmer dan granit menjadi penyebab lain dari perubahan warna marmer dan granit. Kasus yang sering terjadi adalah membersihkan lantai batu alam ini dengan kain pel kotor yang sudah digunakan di area lain misalnya dapur. Bukannya bersih, kotoran yang menempel pada kain pel justru dapat merusak batu marmer dan granit. Akumulasi kotoran berminyak dari kain pel yang kotor akan meresap ke dalam pori-pori batu dan mengubah warna warmer menjadi kusam.


Cegah warna batu berubah dengan produk perawatan khusus batu alam


Pada saat pemasangan, batu marmer dan granit terlebih dahulu dipoles agar tampilannya lebih menarik. Finishing pada batu alam ini akan membuat corak dan warnanya terlihat lebih menonjol. Permukaan batu juga akan mendapatkan lapisan pelindung untuk menutup pori-pori batu sehingga tidak mudah menyerap air atau tergores.


Sebagian besar penyebab perubahan warna pada marmer dan granit adalah kesalahan dalam melakukan perawatan. Agar marmer tidak berubah warna dan awet, Anda memerlukan produk perawatan khusus batu alam yang telah teruji kualitasnya dan aman bagi marmer.


Hellenoz baru-baru ini meluncurkan paket produk perawatan marmer dan batu alam dari Italia. Ada tiga produk yang diluncurkan yakni Hellenoz Stone Coating, Hellenoz Daily Cleaner dan Hellenoz Surface Disinfectant. Paket produk perawatan marmer tersebut dibuat di negara yang merupakan pusat marmer, granit dan batu alam terbaik di dunia. Hellenoz menghadirkannya ke Indonesia guna memenuhi kekosongan produk perawatan marmer yang berkualitas dan aman.


Baca juga: Kini Merawat Marmer Lebih Gampang dengan Produk Perawatan Marmer dari Italia


Maklum, saat ini banyak beredar produk perawatan marmer dan batu alam, namun penggunaan dalam jangka panjang dengan produk tersebut justru bisa merusak batu. Beberapa kerusakan yang bisa disebabkan oleh produk perawatan yang mengandung zat tidak aman di antaranya adalah warna marmer berubah pudar, kilau marmer hilang, kusam, gores, baret dan terkikis.


Sedangkan produk perawatan marmer dari Hellenoz telah teruji di laboratorium khusus batu alam. Produk-produk tersebut aman bagi semua jenis batu alam seperti marmer, granit, onyx, travertine, sandstone dan lain-lain. Penggunaan dalam jangka panjang juga tidak menyebabkan marmer rusak.


Produk perawatan marmer dan granit Hellenoz telah tersedia di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Anda juga bisa order sekarang melalui WhatsApp di 0813 5000 4556. Ingat marmer dan granit adalah investasi jangka panjang yang harus dijaga. Jangan asal gunakan produk perawatan marmer. Pastikan untuk selalu menggunakan produk yang aman dan teruji.



0 comments